Jadwal Ujian Tertulis untuk SBMPTN Berpotensi Berubah

pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun lalu di Universitas Riau. (Sumber: Humas Unri)

Pendaftaran ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) sebagai syarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dijadwalkan dimulai bulan Juni mendatang. Namun, akibat pandemi corona, jadwal ini masih bisa berubah.

Dalam Surat Edaran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tanggal 6 April 2020, disebutkan jadwal UTBK yang mengalami penundaan tetap dilaksanakan. Namun, ada beberapa perubahan UTBK yang diterapkan, yakni materi tes yang diujikan adalah tes potensi skolastik (TPS).

Selain itu, setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil satu kali tes. Selanjutnya, pelaksanaan tes dilaksanakan dalam empat sesi setiap hari. Lalu pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali atau bersamaan, peserta juga harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan program studi tujuan.

Rektor Universitas Riau (Unri), Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr M Nur Mustafa MPd, menyampaikan dalam surat edaran tersebut, LTMPT juga menetapkan pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan dimulai pada tanggal 2-20 Juni 2020.

Selanjutnya pelaksanaan UTBK akan dimulai pada 5-12 Juli dan pengumuman SBMPTN akan dilaksanakan secara serentak pada 25 Juli mendatang. “Panitia Pusat LTMPT, telah menetapkan untuk jadwal pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan dimulai pada tanggal 2-20 Juni 2020,” ujarnya.

Selanjutnya pelaksanaan UTBK akan dimulai pada 5-12 Juli dan pengumuman SBMPTN diumumkan serentak pada 25 Juli mendatang. Kendati demikian, jadwal yang telah ditetapkan ini juga masih bersifat tentatif. Karena praktik pelaksanaannya akan menyesuaikan kembali dengan kondisi dan keamanan peserta ujian di tengah pandemi corona saat ini. Kewenangan itu ada pada panitia Pusat LTMPT.

Sementara itu, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unri Azhar Kasymi SH menambahkan jika UTBK jadi dilaksanakan Juli 2020 nanti sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan LTMPT. Panitia berkoordinasi dengan pihak terkait untuk teknis pelaksanaan ditengah kondisi dan situasi adanya penyebaran Covid-19 yang terjadi saat ini. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *