Belajar di Rumah Diperpanjang Hingga 15 April

Ilustrasi (Sumber: belajar.kemdikbud.go.id)

Menyusul masih mewabahnya virus corona, kebijakan belajar di rumah bagi siswa diperpanjang. Hal itu juga berlaku untuk siswa SMA/SMK/MA sederajat di Provinsi Riau.

Kebijakan memperpanjang masa “penonaktifan” proses belajar mengajar di sekolah itu tertuang dalam surat edaran (SE) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Lalu, Gubernur Riau juga menerbitkan surat.

Sebelumnya, siswa memang sudah ditetapkan belajar dari rumah hingga tanggal 30 Maret. Namun, prosesnya akan diperpanjang hingga 15 April mendatang. Bahkan, akibat corona ini, Ujian Nasional (UN) tahun 2020 ditiadakan.

Dijelaskan Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau, Kaharuddin, Jumat (27/3/2020) kepada wartawan, seluruh sekolah di Riau telah dikirimi surat edaran terkait perpanjangan masa belajar dari rumah itu. Artinya, proses belajar mengajar tetap menerapkan sistem online.

Dia menekankan, proses belajar mengajar online harus mempertimbangkan kesenjangan akses atau fasilitas belajar di rumah tiap siswa. Kemudian mesti mempunyai umpan balik yang bersifat kualitatif. Sehingga dapat digunakan guru untuk menerapkan pemberian nilai tidak secara kuantitatif. (ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *