UIR Liburkan Kuliah Tatap Muka. Mahasiswa di Asrama Diminta Pulang Kampung

Ilustrasi Virus Corona (Sumber: Wikipedia)

Universitas Islam Riau (UIR) meliburkan perkuliahan tatap muka dan menggantinya dengan metode Daring atau online. Hal itu tertuang dalam surat edaran yang ditandatangani Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL pada Senin (16/3/2020) terkait pencegahan Covid-19.

Meliburkan kuliah tatap muka menjadi satu dari 14 poin yang tercantum di surat tersebut. Selain itu, kegiatan seminar proposal mahasiswa juga ditiadakan. Sementara, seminar komprehensif dan ujian tesis untuk mahasiswa pascasarjana tetap bisa dilakukan dengan memperhatikan kondisi dan perkembangan virus Covid-19.

Ujian tengah semester yang seharusnya digelar pada 23 Maret pun ditunda. Lalu, kegiatan mahasiswa dan dosen yang melibatkan orang banyak seperti kuliah umum, seminar, workshop, senam pagi dan lain-lain ditiadakan. Kecuali rapat-rapat fakultas yang telah diagendakan dan penting.

Civitas akademika UIR juga tidak diperkenankan melakukan perjalanan dinas ke luar kota atau luar negeri yang negaranya terkonfirmasi Covid-19 kecuali atas perintah pimpinan universitas. Rektor juga mengimbau akan membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Kemudian memakan makanan bergizi serta mengimbau pimpinan fakultas menyediakan hand sanitizer untuk pegawai.

Sementara, mahasiswa yang tinggal di Rusunawa dan asrama-asrama mahasiswa lainnya diimbau agar pulang ke kampung masing-masing. Kecuali mahasiswa asing yang diperbolehkan tinggal di asrama.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, civitas akademika UIR juga diimbau memeriksakan kesehatan ke Klinik Pratama YLPI Riau apalagi memiliki keluhan batuk, pilek, demam dan gangguan pernafasan.

Sejumlah poin dalam surat edaran itu mempedomani Kepres RI nomor 7 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019. Lalu mengacu Surat Edaran Mendikbud nomor 3 tahun 2020 dan Edara Rektor UIR nomor 1039/A-UIR/4-2020 tentang kewaspadaan dini terkait Covid-19. (ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *