Jadi Pramuka Jangan Sebatas Simbol

Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka Mabigus) Kota Pekanbaru 08-001 dan 08-002 Gerakan Pramuka Pangkalan Universitas Riau (Unri). Sumber Foto: Humas Unri

Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka Mabigus) Kota Pekanbaru 08-001 dan 08-002 Gerakan Pramuka Pangkalan Universitas Riau (Unri). Pelantikan dilakukan oleh Ketua Kwartir Daerah O4 Riau Azali Jhohan, Senin (9/3/2020).

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan bahwa Pramuka menjadi satu organisasi di dunia yang memiliki dasar hukum undang-undang. Walapun demikian, Pramuka harus dapat menjawab harapan masyarakat dan tantangan zaman saat ini.

“Jadi Pramuka tidak hanya sebatas simbol, tidak hanya sebatas berkegiatan, namun bisa berintegrasi kepada seluruh kegiatan keseharian,” tutur Aras.

Lebih lanjut, dia menyampaikan Pramuka harus selaras dengan Tri Dharma perguruan tinggi. “Ke depan Pramuka juga harus lebih sejalan dengan ktivitas pendidikan, penelitian dan pengbadian masyarakat,” katanya.

Rektor, menambahkan Pramuka juga mengenal konsep Tri Bina yakni bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat. Dengan konsep tersebut sudah seharusnya peran Pramuka lebih ditingkatkan.

“Semoga dilantiknya pengurus baru ini seluruh kegiatan Pramuka Unri lebih digalakkan agar semangat para anggota Pramuka kembali melakukan aktifitas kepramukaan. Ini awal yang baik bagi seluruh anggota pramuka,” tuturnya.

Selain Aras, saat itu juga dilakukan pelantikan Lembaga Pemeriksa Keuangan, dan Pengurus Gugus Depan Kota Pekanbaru 08-001 dan 08-002 Unri masa bakti 2020-2022. Di samping itu kegiatan ini juga dilaksanakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) gugus depan kota Pekanbaru 08-001 dan 08-002 Unri Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *