Dalam Pengelolaan Uang Negara Harus Tahu Dulu Prosedurnya

Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Dr Mia Amiati SH MH hadir dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Universitas Riau (Unri) penganggaran Tahun 2021, Rabu (4/3/2020) di Labersa Grand Hotel and Convention Center, Kampar Riau.

Di hadapan peserta, Mia menyampaikan bahwa terdapat berbagai aturan dan prosedur yang harus dipatuhi dalam pengelolaan keuangan negara. Mulai dari penyampaian usulan kegiatan, proses penganggaran, penerbitan Daftar Isian Pelaksanaaan Anggaran (DIPA), pengelolaan anggaran sampai dengan pertanggungjawaban penggunaan anggaran.

“Pengelolaan anggaran sangat penting guna meningkatkan kepatuhan terhadap perundang-undangan dan mewujudkan tertib administrasi pelaksanaan anggaran sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Mia.

Seluruh rangkaian proses anggaran ini, lanjutnya, harus dikuasai dan dikendalikan dengan baik agar terwujud pengelolaan keuangan yang efisien dan akuntabel.

“Dengan adanya pengetahuan dalam bidang pengelolaan anggaran, diharapkan dapat menepis isu-isu terkini tentang keuangan, seperti memperbaiki opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” harapnya. (rls)

 

 

Sumber foto: Humas Unri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *