UN SMA dan SMK di Riau Tahun Ini 100 Persen Berbasis Komputer

Kadisdik Riau, Rudyanto memberi pengarahan kepada siswa yang akan menjalani Ujian Nasional (UN) beberapa waktu lalu. Hasil UN dijadwalkan akan diumumkan 9 Mei. (Sumber: disdik.riau.go.id)

Tahun 2020 ini, pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA dan SMK di Provinsi Riau seluruhnya akan memakai sistem komputerisasi. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bakal diterapkan di seluruh sekolah.

 

Hal itu ditegaskan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Rudyanto sebagaimana disampaikannya di situs media center Pemprov Riau, Selasa (3/3/2020). Pernyataan itu sekaligus mempertegas tak ada lagi UN SMA/SMK menggunakan pensil dan kertas di Riau.

 

“Ujian nasional sudah dipersiapkan oleh tim. Saat ini persiapan sudah sampai Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta didik yang akan mengikuti ujian. Dan datanya sudah kita serahkan ke pusat,” ujar Rudyanto.

 

Tahun 2019, UNBK diterapkan di 85 persen SMA/SMK. Tahun ini, Dinas Pendidikam telah memanggil pihak sekolah yang sebelumnya tak melaksanakan UNBK. Dalam pertemuan itu digali apa yang menjadi alasan mereka belum menerapkan UNBK.

 

Rudyanto menyebut, berbagai persoalan yang dibahas itu telah memiliki solusi. Alhasil, 100 persen SMA/SMK di Riau bakal menerapkan sistem UNBK tahun ini. (mcr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *