Bicara di UIR, Menaker Dorong Mahasiswa Ambil Program Pelatihan

Menaker RI, Ida Fauziyah menerima cinderamata dari Rektor Universitas Islam Riau usai menjadi keynote speaker dalam seminar yang ditaja IKA UIR, Jumat (14/2/2020).

Menteri Ketenagakerjaan RI Dra. Hj. Ida Fauziah, M.Si menjadi keynote speaker pada Seminar Nasional, bertajuk ‘Strategi Pemerintah Dalam Membangun SDM Bangsa Indonesia yang Unggul Menuju Era Revolusi Industri 4.0 di Gedung Rektorat Universitas Islam Riau (UIR) Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru, Jumat pagi (14/2/2020).

Selain Ida Fauziah turut membentangkan makalah Ketua Umum IKA UIR yang juga Walikota Pekanbaru Dr H. Firdaus, ST, MT dan Anggota DPR RI Abdul Wahid. Seminar dilaksanakan IKA UIR dalam rangka menyambut pelaksanaan Kongres Ikatan Keluarga Alumni UIR di Pekanbaru, Sabtu (22/2 2020).

Turut hadir Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau, Dr H Nurman, SSos, MSi, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Drs H Yan Prana, Sekretaris Kota Pekanbaru Drs M Noor, Polda Riau, Sekretaris Umum IKA UIR Dr Koko Iskandar, Dekanat, alumni dan mahasiswa.

Menteri Ida tiba di Gedung Rektorat pukul 10.10 wib. Menggunakan mobil alphard warna putih, Menaker disambut Rektor UIR Prof Syafrinaldi, Wakil Rektor Syafhendry, Asrol dan Rosyadi di pintu gerbang Rektorat.

Di auditorium, ratusan mahasiswa dan alumni fokus mendengar peparan Ketua Umum IKA UIR Firdaus dan Abdul Wahid, anggota DPR RI. Kedua tokoh ini berbicara soal persiapan generasi muda menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Pemerintah, kata Firdaus, sangat concern meningkatkan sumberdaya manusia untuk menjadi unggul. Sebab hanya melalui SDM yang unggul kemajuan bangsa bisa diraih.

Revolusi Industri 4.0, menurut Firdaus, adalah sebuah lompatan besar yang mengharuskan kita mengubah sikap, mindset serta perilaku. Revolusi industri bukan sesuatu yang harus ditakuti. Akan tetapi sebaliknya, kita harus siap menghadapi segala perubahan.

”Era ini memunculkan banyak peluang tetapi juga mengundang banyak tantangan,” tandas Firdaus.

Menteri Ida Fauziah mengharapkan mahasiswa dapat mengambil program-program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. Program-program tersebut dilaksanakan secara rutin oleh BLK (Balai Latihan Kerja).

UIR, juga akan mempersiapkan para mahasiswanya mengikuti berbagai pelatihan. ”Kan sekarang boleh Pak Rektor, mahasiswa mengambil program pelatihan di luar perkuliahan,” kata Ida Fauziah kepada Syafrinaldi.

Pak Gubernur, tambah menteri, akan menyerahkan BLK yang selama ini dikelola Pemerintah Provinsi Riau kepada Pemerintah Pusat. ”Kami siap membantu mahasiswa dan masyarakat Riau meningkatkan kompetensi melalui BLK. Kami juga akan menyesuaikan program-program pelatihan di BLKN dengan kebutuhan industri dan pasar kerja,” kata Ida. (rls)

 

Sumber Foto: Humas UIR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *