Pramuka Diminta Terbuka dengan Digitalisasi

Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA dilantik sebagai Anggota Pengurus Majelis Pembimbing Daerah Pengurus Kwartir Pramuka Daerah Riau, Kamis, (6/2/2020) di Balai Serindit Aula Rumah Dinas Gubernur Riau.

Saat pelantikan, diucapkan ikrar yang berbunyi sesuai landasan hukum dan ketentuan gerakan Pramuka untuk mengantarkan kaum muda Indonesia ke masa depan yang lebih baik.

Dengan hal tersebut, Unri selaku pendidikan tinggi terus mendorong dan mencerdaskan anak bangsa untuk meningkatkan karakter, kolaborasi, dan wawasan.

“Yang baru di ucapkan tadi merupakan ikrar. Sebuah bentuk tanggung jawab moral dalam menjalankan sebuah amanah yang dititipkan pada kita yaitu pada organisasi Gerakan Pramuka yang kita laksanakan ini,” kata Aras usai pelantikan.

Menurut dia, Gerakan Pramuka dituntut untuk meningkatkan kemampuannya. Di antaranya yang perlu diperhatikan adalah persaingan global di era revolusi industri 4.0. Dimana, Pramuka didorong untuk lebih terbuka dengan industri digitalisasi.

“Dalam menyikapi situasi di era digital seperti sekarang ini, mereka bisa menjadi generasi yang relevan dengan kehidupan sekarang ini dan bersaing,” ujar Aras.

Gerakan Pramuka juga harus beradaptasi dengan perubahan zaman. Dijelaskannya, anggota Pramuka tidak cukup hanya menguasai sandi morse, atau baris berbaris. Melainkan dituntut pula untuk memahami teknologi informasi supaya bisa lebih luas mensiarkan Gerakan Pramuka.

“Pramuka sebagai tonggak pemikir. Langkah awal yang harus mereka lakukan adalah harus lebih kreatif untuk mengajak kaum muda yang belum bergabung. Anggota Pramuka sebagai agen pembaharu harus siap menghadapi segala tantangan di era revolusi 4.0,” katanya.

Anggota Pramuka didorong harus mampu menjadi anggota kepanduan yang kreatif dan inovatif dalam menyikapi berbagai persoalan yang terjadi di sekitarnya.

“Jadi melalui pemanfaatan digitalisasi, mereka bisa merangkul dan mengajak agar anak-anak muda memberi kontribusi yang baik. Melalui Pramuka ada rasa kesatuan persatuan, kecintaan tanah air, budi pekertinya ditanamkan, tolong menolong,” kata Aras.

Sementara itu, lelantikan Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Riau Pengurus Kwarda Riau ini langsung dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Mayjen TNI (Purn) Dr Bachtiar SIP MAP.

Dalam surat keputusan itu, turut melantik Gubernur Riau sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah dan seluruh unsur Muspida Provinsi Riau dilantik sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah Pengurus Kwartir Daerah Riau. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *