Usai Magang, 2 Siswa SMK Multi Mekanik Masmur Bisa Langsung Diterima Kerja di Perusahaan Ini

SMK Multi Mekanik Masmur menandatangi MoU dengan PT Buana Jaya Sejati, Senin (20/1/2020).

SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru bersama PT Buana Jaya Sejati menjalin kerjasama. Kerjasama itu ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan Kepala SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru, Yohandra Jamal SPd dengan Direktur PT Buana Jaya Sejati, Diana SE, Senin (20/1/2020).

Lewat MoU ini, maka siswa SMK Multi Mekanik Masmur dapat menjalani magang kerja di PT Buana Jaya Sejati. Di samping itu, menurut Kepala SMK Multi Mekanik Masmur, Yohandra, mereka juga bisa mendapat guru tamu dari pihak perusahaan.

Menurut dia, di semester I sebelumnya sudah ada dua siswa yang magang di perusahaan tersebut. Bahkan, mereka dianggap berprestasi dan diberikan sertifikat oleh pihak perusahaan. Sertifikat itu menjadi bekal mereka setelah tamat nanti.

Dengan membawa sertifikat itu, maka kedua siswa tersebut bisa langsung diterima bekerja di PT Buana Jaya Lestari dengan masa kontrak 1 tahun.

Yohandra menambahkan, di semester II ini, ada empat siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan 2 siswa jurusan Akuntansi SMK Masmur yang akan magang di PT Buana Jaya Sejati.

Agar mampu menyesuaikan diri di dunia kerja, para siswa magang tak dilepas begitu saja. Mereka dibekali dengan pengetahuan yang diberikan oleh dunia usaha, ustad dan guru-guru. Mereka juga selalu mendapat pendampingan.

Pihak sekolah, tambahnya, bakal mengawasi siswa dan sekali sebulan mendatangi lokasi magang. Sehingga jika ada masalah, akan dapat diselesaikan sesegera mungkin.

Sementara itu Direktur PT Buana Jaya Sejati, Diana menjelaskan, siswa magang di tempat mereka selalu dievaluasi. Jika berprestasi mereka akan mendapat penghargaan berupa sertifikasi. Nantinya, sertifikat itu dapat dibawa ke perusahaan untuk jaminan kerja.

“Tinggal bawa sertifikat itu, mereka langsung diterima bekerja. Tidak ada tes-tes masuk lagi. Langsung dikontrak selama 1 tahun,” kata Diana.

Selain magang, lewat MoU yang dilakukan juga akan ada transfer ilmu. Dimana kepala bengkel atau pihak perusahaan bisa datang ke sekolah untuk menyampaikan materi. Mereka juga bisa datang ke bengkel untuk belajar.

Diana menjelaskan, selama magang, siswa juga dilindungi dengan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. (ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *