IDI Riau Apresiasi Langkah Umri Dirikan Prodi Kedokteran Lingkungan

Ketua IDI Wilayah Riau, dr Zul Asdi SPB MKes menyambut positif langkah Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) yang bakal mendirikan Prodi yang fokus pada kedokteran lingkungan. Karena saat ini tidak ada Fakultas Kedokteran (FK) yang fokus pada isu kesehatan lingkungan.

“Hanya saja, perlu dipersiapkan bagaimana memasukkan isu lingkungan ini dalam kurikulumnya. Karena orang masuk FK itu karena ingin jadi dokter dan jarang untuk jadi ahli kesehatan lingkungan,” ujarnya saat memberi masukan dalam Lokakarya Visi Misi dan Kurikulum Prodi Kedokteran Umri yang ditaja Sabtu (28/12/2019).

Dedi juga megapresiasi tujuan Prodi Kedokteran Umri untuk melahirkan dokter Islam. Tapi, tambahnya, dalam perjalanannya kadang cita-cita menciptakan dokter Islam yang terukur nilai-nilai keislamannya sulit tercapai. Hal itu bisa jadi diakibatkan faktor persaingan atau kondisi tertentu.

Karena itu, ia merasa perlu dipikirkan bagaimana nanti mengajarkan mahasiswa agar tetap memiliki tujuan sebagai dokter yang komit menerapkan nilai-nilai Islam.

Rencana fokus pada kedokteran lingkungan juga diapresiasi oleh Dekan FK Unri, Prof Dr dr Dedi Afandi DFM Sp FM (K). Menurut dia, pilihan itu sangat tepat mengingat belum ada FK di Indonesia yang fokus pada kedokteran lingkungan. Dia menilai, langkah ini sangat potensial.

Dia juga mengusulkan agar Umri memasukkan pembahasan tentang kebencanaan, potensi kebencanaan dan karakter wilayah dalam penanganan bencana.

Sementara itu, Badan Pembina Harian (BPH) Umri Prof Dr Usman M Tang MSi menegaskan, rencana pembentukan Prodi Kedokteran ini sesuai dengan tradisi di Muhammadiyah yang selalu berkomitmen pada program pendidikan dan kesehatan di tiap perguruan tingginya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa mempercepat terbentuknya FK di Umri. Dia juga mengspesiasi FK Unri yang mau dan terus mendukung Umri dalam upaya mendirikan FK. (ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *