Struktur di Kemendikbud Diperamping. Satu Dirjen Bakal Urus Hal-hal Ini

Presiden Joko Widodo (Sumber: setneg.go.id)

Struktur organisasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalami perampingan. Presiden Joko Widodo melakukan perubahan struktur Perpres Nomor 72 Tahun 2019 yang baru saja ditetapkan pada 24 Oktober 2019.

Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, Jumat (27/12/2019), dalam Perpres lama pendidikan tinggi tersebar dalam berbagai direktorat. Seperti Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan bahkan ada Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi Pendidikan Tinggi.

Sementara, dalam Perpres baru 82/2019, semuanya dilebur dalam satu struktur. Yaitu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

Ditjen yang baru ini bertugas di bidang pendidikan tinggi akademik.
Ditjen yang dipimpin Direktur Jenderal ini mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan tinggi akademik. Fungsinya sebagai perumus dan pelaksana.

Dalam Pasal 21, fungsi Ditjen ini di antaranya menyelenggarakan fungsi perumusan kebijakan di bidang pendidikan tinggi akademik.

Lalu pelaksanaan kebijakan di bidang pembelajaran, kemahasiswaan, kelembagaan, dan sumber daya pendidikan tinggi akademik, perumusan pemberian izin penyelenggaraan perguruan tinggi swasta yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Selanjutnya, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pendidikan tinggi akademik, pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri yang saat ini dipimpin oleh Nadiem Makarim. (kompas)

 

 

Sumber foto: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *