Erman Taer Dikukuhkan Jadi Guru Besar Fisika Material Unri

Prof Dr Erman Taer SSi MSi dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Fisika Material Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Jumat, (13/12/2019) di Aula Siak Indrapura Lantai IV Gedung Rektorat Kampus Bina Widya Unri.

Pada upacara pengukuhan itu, Prof Dr Erman Taer SSi MSi menyampaikan orasi ilmiah dengan judul Elektroda Karbon Berbasis Limbah Biomassa untuk Aplikasi Superkapasitor.

“Mencermati orasi ilmiah Prof Dr Erman Taer SSi MSi sebagai suatu karya ilmiah ini, adalah termasuk dalam bagian dari menjawab persoalan lingkungan yang menjadi isu utama di lingkup internasional. Persoalan lingkungan menjadi perhatian dalam beberapa dekade ini,” ujar Rektor Unri, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA.

Dari persoalan itu, sejumlah penelitian terkait energi yang bersih, berkelanjutan, serta ramah lingkungan menjadi perhatian utama dalam sebuah penelitian. Pada pokok orasi tersebut, tertuang unsur variatif dan alternatif di dalam sebuah kajian ilmiah melalui piranti penyimpan energi yang mampu menyimpan energi secara efisien dan ramah lingkungan.

“Implementasi yang dapat diwujudkan dari setiap penelitian seorang Guru Besar adalah mampu menjawab persoalan yang ada di lingkungan sekitar, dengan ruang lingkup keilmuan yang dimilikinya. Unri yang saat ini memiliki 67 Guru Besar, adalah merupakan potensi besar terkait dengan pengembangan keilmuan,” katanya.

Sejalan dengan hal itu, tambah Aras, saat ini Unri telah menghasilkan sebanyak 40 paten dalam kurun waktu tahun 2019 ini dan sebanyak 156 Hak Cipta yang tersertifikasi.

“Sejalan dengan visi Unri Tahun 2035, perbaikan penataan  pengelolaan internal menjadi sangat diperlukan. Peran Guru  Besar menjadi sangat penting sebagai pelopor inovasi melalui  pengajaran, riset, maupun pengabdian kepada masyarakat melalui karya besar yang dihasilkan untuk kemanfaatan umat manusia. Pengembangan ilmu pengetahun melalui riset-riset yang bermanfaat bagi masyarakat menjadi syarat bagi majunya Unri,” kata Guru Besar Bidang Perikanan dan Kelautan ini.

Saat ini Unri tercatat memiliki 67 orang Guru Besar, yakni pada Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 13 orang dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)sebanyak 3 orang.

Kemudian di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 13 orang, Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) sebanyak 16 orang, Fakultas Pertanian (FP) sebanyak 5 orang, Fakultas Teknik (FT) sebanyak 6 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 10 orang, dan Fakultas Kedokteran (FK) sebanyak 1 orang. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *