ICMI Tanam Pohon di Unri. Ingatkan Ancaman Pemanasan Global Dunia

Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) bersama dengan unsur-unsur yang ada di Universitas Riau (Unri) melaksanakan penanaman pohon di areal kampus Unri.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung gerakan penyelamatan lingkungan hidup yang mengiringi kegiatan simposium nasional ICMI, Kamis (28/11/2019).

Pada kesempatan itu, Rektor Unri yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alummi Unri Prof Dr Iwantono MPhill dalam sambutannya, menyampaikan melalui areal seluas 340 hektar yang ada di kampus Unri, sangat memungkinkan untuk dilakukan penghijauan.

“Unri juga sebagai bagian dari paru-paru kota. Karenanya untuk aktifitas penghijauan sangat memungkinkan untuk dilakukan. Selain itu juga untuk lahan pembangunan fasilitas penunjang perkuliahan. Karenanya, dengan bersama-sama maka kita bisa memajukan universitas,” ujar Iwantono yang juga merupakan Ketua ICMI Kota Pekanbaru.

Sementara itu, Prof Dr Jimly Asshiddiqie SH MH, Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia dalam sambutannya, menyampaikan setiap hari kita menanam adalah untuk masa depan.

“Betapa pentingnya kita menanam. Sangat diperlukan konsistensi dalam sikap. Memperhatikan alam dan berpegangan terhadap nilai-nilai agama untuk menjadi rahmat bagi semua alam,” kata dia.

Ditambahkannya, Indonesia tercatat memiliki hewan liar terbanyak dan juga memiliki banyak hewan liar yang terancam punah didunia. “Oleh karena itu, gerakan penghijauan sudah sangat diperlukan. Ini juga merupakan isu lingkungan yang menjadi isu kemanusiaan,” terang Jimly.

Saat ini, Indonesia merupakan salah satu bagian dari paru-paru dunia. Karena itu, perlu mengingat adanya ancaman pemanasan global di sejumlah wilayah dunia. Langkah antisipasi di antaranya yaitu dengan menanam pohon.

“Pesan moral inilah yang perlu terus di gaungkan seiring dengan melakukan agenda-agenda aksi lainnya,” kata Jimly. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *