Teken Kerjasama dengan BPS, Rektor Unri Sebut Data Penting untuk Perguruan Tinggi

Universitas Riau (Unri) laksanakan kuliah umum dan penandatangananan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Kampus Bina Widya Unri, Rabu (13/11/2019).

Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, menyampaikan Unri mendirikan jurusan statistik di bawah naungan Jurusan Matematika sejak tahun 2016. Hal ini bertujuan untuk melaksanakan kegiatan akademik dibidang pendidikan juga penelitian sosial.

“Data adalah sesuatu yang sangat penting untuk civitas akademika dalam melakukan penelitian, bahkan data bisa dikatakan sebagai nafas dari Perguruan Tinggi,” kata Rektor.

Kehadiran Kepala BPS Riau selaku narasumber yang mengisi kegiatan kuliah umum ini diharapkan dimanfaatkan civitas akademika Unri untuk mendapat banyak informasi. Rektor juga berharap, program lanjutan tetap ada seiring ditekennya MoU.

Sementara itu, setelah penandatanganan MoU, acara dilanjutkan dengan kuliah umum dengan tema proses bisnis kegiatan statistik dan sosialisasi sensus penduduk 2020.

“Ini berkenaan tentang penyediaan, pemanfaatan, serta pengembangan data dan informasi statistik dalam rangka penyelenggaraan tugas pendidikan tinggi,” ujar Rektor.

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Riau,Drs Misfaruddin MSi menjelaskan bahwa badan yang ia pimpin berada langsung di bawah Presiden. BPS, tambahnya, tidak bertanggungjawab pada menteri tertentu, dan tidak juga di bawah kementerian atau lembaga.

Karena itulah BPS bisa dikatakan bertugas secara independen. Tugas BPS, menurutnya adalah menyelenggarakan kegiatan statistik nasional, dan sebagai check and control semua angka statistik lembaga pemerintah.

“Tidak semua data ada di BPS. BPS bertanggungjawab untuk menyelenggarakan dan mengumpulkan statistik dasar. Sementara statistik sektoral, adalah tugas kementrian lembaga terkait. Informasi data yang dihasilkan BPS, dipublikasikan dan dapat diunduh secara gratis melalui website BPS oleh masyarakat. Informasi semua publikasi yang di hasilkan oleh BPS bisa didapatkan oleh semua orang, di mana saja,” jelasnya.

Dengan adanya kerjasama ini, jika ada keperluan mahasiswa maupun pihak kampus terkait data statistik dapat berkonsultasi langsung dengan BPS Provinsi Riau, dan pihaknya siap membantu. Saat ini banyak data yang dipublis namun tidak bisa di pertanggungjawabkan.

“Kita membimbing data statistik, menyajikan data yang bisa dipertanggungjawabkan, dengan metodologi yang jelas,” terangnya. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *