FK Unri Bahas Cara Menanggulangi Bencana Kabut Asap Karhutla

Ratusan orang mengikuti talk show yang ditaja Fakultas Kedokteran Universitas Riau, Sabtu (2/11/2019). (Sumber: Humas Unri)

Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK-Unri) menyelenggarakan talk show bersempena Milad ke-57 Unri dan Milad ke-18 FK Unri, Sabtu (2/11/2019). Talk show itu membahas terkait cara mengantisipasi dan mengatasi bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau.

 

Ketua pelaksana, dr Helda, menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan untuk memahami peran berbagai sektor seperti Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), akademisi, maupun organisasi profesi dalam upaya penanggulangan kabut asap.

Kegiatan ini mengangkat tema “Bencana Asap, Apakah Bisa Diatasi?”. Dalam talk show ini, hadir sejumlah narasumber. Di antaranya Kepala Pusat Studi Bencana Unri Dr Sigit Sutikno, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan Dr Abdullah Qoyyum dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Riau.

Kemudian, Dr Suyanto MPH dari Fakultas Keperawatan (FKp), dan Drs Edwar Sanger, MSi Kepala BPBD Riau, dan sebagai moderator Dr Zulharman Direktur Rumah Sakit Unri,” jelas Helda.

 

Pada kegiatan bersamaan juga diselenggarakan pameran buku karya civitas akademika Unri. Terdiri dari 164 item buku dan 8 judul jurnal. Pameran itu ditujukan guna meningkatkan motivasi menulis Civitas akademika Unri.

Talk show ini dihadiri oleh 250 peserta. Selain mahasiswa, hadir pula aktivis lingkungan, organisasi profesi dan akademisi.

Dijelaskan Wakil Dekan Bidang Akademik FK Unri, dr Yulis Hamidy, FK Unri talk show ini merupakan bagian dari banyak rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan. Talk show ini bahasannya sangat erat dengan kesehatan masyarakat.

“Selain itu, banyak kegiatan yang telah kita laksanakan. Selain pengobatan gratis, kita juga melaksanakan operasi gratis bagi masyarakat,” tutur Yulis. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *