Dosen-dosen Unri Tunjukkan Hasil Penugasan di Sekolah

Sejumlah dosen Universitas Riau menggelar seminar Hasil dan Lokakarya PDS dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Skema B yang berlangsung di Mona Plaza hotel, Selasa (29/10/2019). (Sumber: Humas Unri)

Agar pembelajaran di kelas efektif, diperlukan penekanan best practice atau treatment yang terbaik oleh guru. Begitu juga dosen untuk dapat menunjukkan progress publikasi berupa jurnal dan kumpulan perangkat pembelajaran saat pelaksanaan Penugasan Dosen di Sekolah (PDS).

Hal ini disampaikan Wakil Dekan Bidang Akademik, Prof Dr H Jimmi Copriady SSi MSi saat menyampaikan sambutan pada Seminar Hasil dan Lokakarya PDS dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Skema B yang berlangsung di Mona Plaza hotel, Selasa (29/10/2019).

“Kegiatan seminar hasil ini, bertujuan untuk mempresentasikan atau menunjukkan hasil yang telah dicapai oleh dosen-dosen PDS. Di mana pada kegiatan ini, para dosen dibantu oleh guru mitranya mempresentasikan,” terang Jimmi.

Pada kesempatan yang sama, Dr Evi Suryawatu MPd selaku Ketua Panitia Kegiatan, menjelaskan terselenggaranya kegiatan ini untuk meningkatkan Kemitraan antara LPTK dengan sekolah dan kesejawatan antar dosen di perguruan tinggi atau LPTK dalam implementasi praktik baik pembelajaran.

“Manfaat lainnya dari adanya kegiatan ini, adalah untuk meningkatkan profesionalisme dosen dalam melaksanakan pembelajaran kolaboratif baik disekolah maupun perguruan tinggi,” kata Evi.

Lanjut Evi, peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari empat sekolah mitra yaitu, SMAN 8 Pekanbaru, SMAN 12 Pekanbaru, SMA Plus Pekanbaru, dan SMK Labor Pekanbaru, dan 6 Prodi di FKIP Unri yaitu, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Jepang.

“Kegiatan ini menghasilkan iuran kegiatan berupa perangkat pembelajaran lengkap delapan kali pertemuan, jurnal refleksi, video pembelajaran dan artikel best practice, sharing best practice oleh dosen  yang ditugaskan disekolah mitra dan implementasi pada perkuliahan di FKIP Unri,” jelasnya.

Lebih lanjut, Evi menambahkan, manfaat bagi guru mitra yang dirasakan dengan adanya program PDS ini adalah menambah wawasan dan pengetahuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, menghasilkan perangkat pembelajaran yang lebih baik dari yang digunakan sebelumnya, terinsipirasi dan termotivasi pembelajaran yang dilakukan dosen disekolah untuk memperbaiki proses pembelajaran, penguasaan materi meningkat, serta mendapat keterampilan baru, terangnya. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *