Mahasiswa Unri Dilatih Berwirausaha

Universitas Riau (Unri) melalui Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (P2K2) Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Unri melaksanakan workshop keterampilan berwirausaha mahasiswa di Hotel Ayola, Sabtu (19/10/2019).

Prof Dr H Zulkarnain SE MM Ketua LPPMP Unri saat memberikan arahan sekaligus membuka acara menekankan pentingnya mahasiswa meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Hal ini untuk menyikapi era revolusi industri 4.0 ini.

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa itu, Unri telah membuka kelas bahasa inggris bagi mahasiswa maupun dosen di sejumlah fakultas. Bahkan tahun depan juga akan membuat sebuah zona atau kawasan bahasa inggris di Kampus Unri.

“Target kita adalah untuk menciptakan iklim International di Kampus Unri. Bahkan pada tahun berlanjut, 3 hingga 5 Program Studi (Prodi) terakreditasi internasional,” kata Zulkarnain.

Kedua, melalui workshop, peserta akan diberikan wawasan untuk dapat membangun bisnis serta dapat menjawab tantangan yang dihadapi dalam berwirausaha. Karenanya Unri melalui LPPMP tengah mengembangkan penyediaan Tempat Uji Kompetensi (UTK) di Unri.

“Selanjutnya yang ketiga, adalah experience atau pengalaman. Dalam berwirausaha diperlukan pengalaman. Seorang wirausaha untuk berbisnis tidak harus berorientasi pada modal materi, namun diperlukan pengalaman pada bidang dimaksud agar dapat menjawab tantangan,” urai terang Guru Besar dalam Bidang Ekonomi ini.

Para peserta, tambahnya dibekali materi-materi dari sejumlah narasumber yang berkompeten. Di antaranya dari unsur akademisi maupun praktisi. Seperti, Ir Sukemi Indra S MBA MSi Deputi Kewirausahaan Unri, Yeni Rosani SE MSi pemilik Dapur Cantika atau praktisi bisnis Dendeng Pucuk Ubi dari Indragiri Hilir, Erianto Simalango SKom, Marhadi SE MSc, dan Dr Yulia Efni SE ME.

Sementara itu, Raden Lestari Ganarsih SE MM Ketua P2K2 Unri, menyebutkan pada batch ini, peserta terdiri dari mahasiswa sebanyak 63 orang yang telah melakukan pendaftaran secara online kepada panitia.

“Workshop ini kita taja untuk mahasiswa terutama yg sudah memiliki ataupun yang baru akan merintis usaha,” kata dia.

Karenanya, pada kegiatan ini pihaknya akan menstimulus, memberikan inspirasi, motivasi dan memberikan penguatan bagi peserta untuk dapat mengambil sikap berbisnis. Sehingga dapat bermunculan wirausahawan-wirausahawan muda. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *