Mahasiswa dan Pelajar Tampil di Ajang Panggung Seni Kreatif di UIR

Panggung Kesenian Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau (FKIP UIR) menampilkan hasil kreativitas puluhan kreator seni dan musik.

Kegiatan bertajuk ‘Panggung Seni Kreatif’ yang ditaja Dinas Pariwisata Provinsi Riau bekerjasama dengan Program Studi Sendratasik FKIP ini mendapat apresiasi dari Rektor UIR,Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL bersama wakil-wakil Rektor dan mahasiswa.

Dalam acara yang berlangsung mulai 18-19 Oktober itu, satu persatu kreativitas seni ditampilkan di panggung kehormatan. Mulai sari karya musik, tari hingga drama. Kegiatan ini juga diikuti siswa SLTA dari beberapa sekolah.

Sebelumnya, kegiatan ini dibuka dengan tabuhan gendang oleh Rektor Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL, Wakil Rektor III Rosyadi serta Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Riau Dandun Wibawa.

Rektor menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Provinsi telah menjadikan kampus UIR tempat pertama pergelaran Panggung Seni Kreatif.

Soal seni di UIR, kata Rektor, tak perlu diragukan lagi. Sebab beberapa penampilan mahasiswa Sendratasik terbukti mampu memukau banyak tetamu yang datang ke UIR. Bahkan tim seni Sendratasik Pimpinan Muslim SKar keluar sebagai juara umum di Kuala Lumpur bulan lalu.

“Ini pertama UIR mengirim tim seni ke international, yakni ke Universitas Teknologi Petronas. Sekali tampil mereka menjadi juara umum dengan meraih empat kategori,” kata Rektor.

Dia juga menyebutkan bahwa dalam kaitan dengan pencapaian Visi UIR 2020, pihaknya menetapkan tiga dari 42 program studi menjadi prodi unggulan. Yakni Teknik Perminyakan Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam dan Sendratasik FKIP. Ketiga diharapkan menjadi unggulan di Asia Tenggara.

“Panggung Seni Kreatif ini menjadi panggung ujicoba bagi sendratasik menyambut kedatangan Tim ASIC yang datang ke UIR melakukan akreditasi international di medio November. Jadi tolong siapkan tim seni yang mampu memukau tamu dari Landon, Inggris. Mereka berada di UIR selama lima hari,” tegas Rektor kepada Muslim S Kar yang menjabat Wakil Dekan III FKIP.

Pentas Seni Kreatif pertama ini akan digilir pertujukannya ke kampus-kampus. Setelah UIR host berikutnya menyusul kampus lain seperti Universitas Lancang Kuning, Universitas Riau, UIN Susqa dan lain-lain.

“Saya senang bisa berada di Universitas Islam Riau. Di sini banyak kreator seni yang bertalenta asuhan Pak Muslim bersama dosen-dosen FKIP lain,” ujar Dandum.

Dandum juga mengurai sejumlah agenda kesenian Dinas Pariwisata yang dilaksanakan pihaknya. Antara lain Ruang Kita Festival yang ditaja sebagai refleksi akhir tahun.

Dalam festival ini, Dispar juga memamerkan beberapa karya. Seperti pameran bongsai, foto, pertunjukan seni, seni populer, seni budaya dan lain-lain.

“Kita mengundang para kreator seni dan musik di semua kabupaten dan kota serta provinsi tetangga. Termasuk dari Universitas Islam Riau,” kata Dandum.

Panggung Kreatif Seni selain dihadiri mahasiswa disaksikan pula Wakil Rektor I Dr H Syafhendry, Wakil Rektor II Dr Asrol, Wakil Rektor III Rosyadi, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Muslim S Kar dan Dosen-dosen FKIP. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *