Prodi Keperawatan Umri Bahas Soal TB di Puskesmas Sidomulyo

Dosen dan mahasiswa program studi (Prodi) D3 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) berfoto bersama usai melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Puskesmas Sidomulyo.

Dosen dan mahasiswa program studi (Prodi) DIII Keperawatan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Puskesmas Sidomulyo, Rabu (11/9/2019).
Ketua Pelaksana, Ns. Tri Siwi , M.Kes menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya kepedulian karena tingginya angka penderita tuberculosis (TB) maupun TB Multi Drugs Resistent (MDR) di Kota Pekanbaru.
Menurut dia, sumber penularan penyakit TB bisa terjadi dimana dan kapan saja. Bahkan kadang tanpa disadari oleh manusia. Sehingga perlu perhatian yang ekstra untuk pencegahannya.
Salah satu narasumber PKM, Ns. Maswarni, M.Kes menyampaikan bahwa keluarga dan penderita TB harus memiliki komitmen serta semangat yang kuat untuk terbebas dari penyakit itu. Karena harus menjalani pengobatan hingga sembuh total.
Sementara itu, pihak Puskesmas Sidomulyo menyambut dengan baik kegiatan ini. Karena materi yang diberikan dapat menambah wawasan serta meningkatkan kepedulian keluarga kepada pasien TB dalam proses pengobatan. Kegiatan ini juga menjadi ajang sharing dan diskusi tentang efek samping obat TB maupun yang lainnya.
Dr. Erni Wahyuni yang mewakili pimpinan Puskesmas berharap pelaksanaan PKM ini mendorong terbentuknya komunitas peduli TB yang dapat menjadi sarana berbagi ilmu dan pengalaman. Termasuk menjadi cara menyadarkan masyarakat yang lain untuk peduli serta ikut mewujudkan Indonesia bebas TB. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *