Kelompok Usaha di Desa Merangin Dapat Bimbingan dari Dosen UMRI

Salah satu produk dari Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Berkat Yakin di Desa Merangin, yang dapat pembinaan dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Riau. (Umri)

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Berkat Yakin di Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar dapat pembinaan dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri). Program tersebut untuk membangun branding karupuok lomang menjadi oleh-oleh khas Kuok.


Menurut Ketua PKM Umri Zayyinul Hayati Zen, ST.,MT, bersama anggotanya Denny Astrie Anggraini, ST,MT, program KUBE ini juga pernah sukses dilakukan di Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru tahun lalu.


Dijelaskannya, pembinaan berlangsung sejak bulan Juli lalu. Selama pembinaan, mitra sudah melalui berbagai tahapan. Mulai dari memberikan tips memperkenalkan produk ke konsumen hingga melakukan pembinaan ketahap produksi.


“Kita lakukan branding untuk kemasan. Karena kita sebelumnya sudah adakan peninjauan dari segi kemasan. Alhamdulillah dalam hal ini kemasan sudah kita desain agar menarik dan memiliki nilai jual,” ungkap Zayyinul yang juga dosen Prodi Teknik Industri ini, Sabtu (7/9/2019).

Dosen Universitas Muhammadiyah Riau dan anggota KUBE Berkat Yakin berfoto bersama.


Untuk diketahui karupuok lomang yang terbuat dari ubi kayu tersebut diolah secara manual dan proses pemotongannya berbentuk lomang atau yang akrab disebut lemang.


Dengan diadakannya pembinaan tersebit Zayyinul berharap oleh-oleh khas Kuok tersebut dapat disandingkan dengan oleh-oleh khas Riau yang sudah di pasaran. Sebagai upaya untuk membantu meningkatkan pendapatan para ibu rumah tangga di Desa Merangin.


Sementara itu Ketua KUBE Berkat Yakin, Husni Marti mengaku sangat senang sekali dengan adanya bimbingan dan pembinaan dari pihak kampus terkait pengembangan usaha kaum ibu di desa itu. “Kami harapkan program ini akan terus berlanjut kedepannya,”kata Husni. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *