Seminar Nasional FMIPA Umri Bahas Sains dan Kecerdasan Buatan

Tiga keynote speaker dihadirkan dalam seminar nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Kesehatan (SemnasMIPAKes) 2019, Kamis (22/8/2019). Kegiatan ini ditaja oleh Fakultas MIPA dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri).

Keynote speaker itu adalah Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Muhammadiyah Pusat yang juga staf pengajar jurusan Kimia FMIPA Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof DR Chairil Anwar.

Kemudian, Ketua Dewan Pakar IAKMI dan Direktur Center for Health Admin and Policy Study Universitas Indonesia, dr Adang Bachtiar, MPH, D.Sc dan DR Mubarak MSi yang merupakan Rektor Umri.

Dijelaskan ketua panitia penyelenggara, DR Sri Hilma Siregar, peserta dalam kegiatan ini berjumlah 157 orang. Peserta berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Sumatera. Seperti dari Pekanbaru, Palembang, Batam, Medan dan Jambi.

Dekan FMIPA dan Kesehatan Umri, Juli Widiantoro, S.Kep, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa fakultas yang ia pimpin saat ini tengah berupaya mengembangan riset sains dan kecerdasan buatan.

Untuk itulah, maka seminar yang diangkat kali ini berkaitan dengan pemanfaatan sains dengan kecerdasan buatan. Dengan harapan, materi dalam seminar ini memberi pengetahuan baru kepada seluruh peserta.

Sementara itu, Rektor Umri, DR Mubarak MSi yang membuka kegiatan menguatkan kembali harapan Umri yang kini tengah berupaya meraih akreditasi A.

Menurut dia, untuk mencapai akreditasi A memang tidak mudah. Namun, langkah yang diambil salah satunya yaitu dengan menghidupkan terus iklim akademis di lingkungan kampus. Salah satu bentuknya yaitu dengan menyelenggarakan seminar nasional seperti ini.

Itulah sebabnya, Rektor mengaku terus mendorong semua fakultas agar bisa menyelenggarakan seminar nasional minimal sekali dan satu tahun. Dengan demikian, maka ilmu pengetahuan dan wawasan para dosen serta mahasiswa terus bertambah. (ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *