Rektor Unri Sebut Perguruan Tinggi Harus Bahu Membahu Bangun Kreativitas

Rektor Unri meluncurkan Logo dan Tema Milad tahun 2019 Universitas Riau setelah upacara peringatan HUT ke-74 RI, Sabtu (17/8/2019). (Sumber: Humas Unri)

Pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan serta harus unggul dalam segala bidang yang dapat bersaing secara global di era industri 4.0.
Kemajuan industri ini tidak hanya infrastruktur tetapi didukung dengan peningkatan kualitas SDM dan perbaikan pendidikan untuk menjalankan kemajuan teknologi kemajuan industri 4.0.
Hal itu disampaikan Rektor Universitas Riau (Unri), Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, pada upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan-RI di lapangan Open Space Kampus Bina Widya Unri, Sabtu (17/8/2019).

Dalam menciptakan SDM yang unggul, perguruan tinggi tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif. Keunggulan SDM dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreativitas yang dihasilkan.

“Perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) harus saling bahu membahu bekerja sama dalam meningkatkan inovasi dan kreativitas bangsa,” jelas Aras.
Undang-undang Nomor 18 tahun 2002 yang menjadi momentum emas dalam peningkatan pembangunan kapasitas SDM iptek dan peningkatan karya-karya besar invensi dan inovasi menjadi penggerak pembinaan dan kebudayaan inovasi dan kreativitas.
Proses upacara peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di Universitas Riau.
(Sumber: Humas Unri)
“Peluang ini akan menjadi emas jika kualitas pendidikan terus kita tingkatkan. Dimana, peran perguruan tinggi sebagai agen perubahan dinanti oleh bangsa dalam menjawab segala tantangan yang ada, pemerintah dan perguruan tinggi terus memberikan fasilitas, dukungan pendidikan, dan pengembangan diri bagi talenta anak-anak bangsa untuk memberikan kontribusi terhadap percepatan pembangunan Indonesia,” tutupnya.
Masih dalam rangkaian upacara, juga dilaksanakan pengumuman peraihan sejumlah prestasi mahasiswa Unri dibeberapa bidang sains, penelitian, karya tulis, unit kegiatan mahasiswa, baik even skala nasional maupun internasional.
Ada 39 orang mahasiswa Unri yang berhasil meraih prestasi baik skala nasioanal maupun internasional.

“Kita di Unri yang bergerak optimal sesuai dengan tugasnya masing-masing. Sehingga dengan kondisi demikian, diharapkan mampu memberikan fasilitas dalam bentuk pelayanan bagi mahasiswa yang memliki potensi maupun pengasahan bakat alami yang dimiliki oleh mahasiswa Unri,” jelas Aras.
Pada rangkaian upacara, juga dilaksanakan penyematan dan penyerahan sertifikat Satyalencana Karya Satya Pegawai Negeri Sipil yang telah bertugas selama 30, 20, dan 10 tahun di Unri.
Selain itu juga penyerahan SK Kenaikan pangkat, SK Calon Pegawai Negeri Sipil formasi tahun 2018, Penandatanganan Logo dan Tema Milad tahun 2019 “Unri Maju, Riau Sehat”, dan pembacaan deklarasi dan penandatanganan penolakan terorisme, intoleran, dan paham radikal oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) beserta mahasiswa Unri. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *