21 Kafilah UIR Dilepas Ikuti MTQMN XVI di Aceh

Kafilah asal Universitas Islam Riau dilepas mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVI di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. (sumber: Humas UIR)

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Islam Riau (UIR) Dr H Syafhendry, MSi melepas 21 kafilah UIR mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVI di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Kafilah yang diofficiali Ketua dan Sekretaris LDIK Dr H Zulhelmi, MSi dan Anton Afrizal Candra, MSi itu terdiri 21 mahasiswa dari berbagai fakultas di UIR.

Mereka akan mengikuti 10 cabang lomba seperti tilawah, qiroah sab’ah, tartil, syahril qur’an, khattil qur’an, fahmil qur’an, debat ilmiah bahasa Inggris dan debat ilmiah bahasa Arab. Cabang lainnya, tahfiz qur’an 5 juz dan tahfiz qur’an 10 juz. Hadir dalam pelepasan Wakil Rektor II Ir H Asrol, MEc.

Syafhendry menyatakan, para kafilah merupakan duta Universitas Islam Riau, bahkan duta masyarakat, untuk berlomba menseni-bacakan al Qur’an yang berlangsung setiap tahun. Dan, tahun 2019 merupakan perlombaan yang ke-16. Ia berharap, mahasiswa dapat melaksanakan tugas sebagai duta religius sebaik mungkin.

”Jaga kesehatan dan kekompakan. Manfaatkan event keagamaan ini sebaik mungkin, tidak semata untuk menimba pengalaman akan tetapi mengukin prestasi. Pasang niat se ikhlasnya untuk mencari keridhoan Allah. Mudah-mudahan ikhtiar yang dilalukan dalam perlombaan ini membuahkan hasil yang positif,” pesan Syafhendry.

Sebelum memberangkatkan kafilah ke Banda Aceh, UIR sudah mempersiapkan mahasiswa dengan melaksanakan pembinaan terhadap 10 kafilah.

Menurut Tim Official Zulhelmi dan Anton Afrizal Candra, persiapan dilakukan oleh LDIK melalui monitoring dan pelatihan bersama tenaga profesional di bidang seni baca al Qur’an. Antara lain al Ustadz Dr H Mahfirah MA yang juga qori international asal Provinsi Riau.

Anton meminta doa seluruh civitas Akademika Universitas Islam Riau semoga tim yang berlaga dari 27 Juli hingga 4 Agustus ini dapat menampilkan kemampuan terbaiknya.

”Mohon doa seluruh keluarga besar UIR semoga anak-anak bisa tampil maksimal. Keputusan akhirnya kita serahkan kepada Allah. Terima kasih kepada Pak Rektor, Wakil-wakil Rektor dan semua pihak yang sudah mendukung keikut-sertaan UIR ke MTQ Nasional antar mahasiswa di Banda Aceh,” ujar Dosen Fakultas Hukum UIR ini. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *