Manfaatkan Buah Sentul Jadi Teh Herbal

Siapa yang tidak kenal dengan buah sentul atau kecapi yang memiliki nama latin Sandoricum koetjape. Buah berbentuk bulat dan memiliki karakteristik bentuk seperti manggis ini memiliki rasa
yang asam manis.

Namun saat ini, sentul sudah jarang ditemui dan digantikan dengan buah-buah impor yang dianggap lebih menarik. Padahal, buah sentul ini bisa diolah menjadi produk yang sangat bermanfaat.

Seperti yang dilakukan oleh tim mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Riau (Unri) ini.

Tim yang terdiri dari Hapiz Al Khairi, Azizul Berlyansah, Aldy Riau Wansyah, Nurul Izazah dan Nur Anisah berhasil mengolah buah sentul menjadi teh herbal.
Karya itu mereka hasilkan di bawah bimbingan Dr Ninik Nihayatul Wahibah, MSi yang juga Dosen Jurusan Biologi FMIPA Unri.

Selama ini, buah sentul belum banyak termanfaatkan khasiatnya. Pada musim berbuah, sentul terkadang hanya terbuang dan selanjutnya menjadi sampah karena tidak dimanfaatkan.

Kondisi itu pulalah yang kerap terlihat di komplek Kampus Bina Widya Unri. “Melihat buah sentul yang melimpah dan belum termanfaatkan ini, maka saya bersama dengan empat orang teman berpikir untuk memanfaatkan buah sentul sebagai bahan pengembangan tersebut,”
ujar Ketua Tim Pelaksana, Hapiz, Senin (22/7/2019).

Teh Tukul berbahan buah sentul

Melalui bimbingan Ninik Nihayatul Wahibah, mereka lalu mengumpulkan referensi dan literatur ilmiah terkait manfaat buah sentul. Berdasarkan hasil uji laboratorium, teh dari buah sentul yang dinamakan “TUKUL” ini aman dikonsumsi sebagai minuman harian.

Teh ini juga memiliki aktivitas anti oksidan yang tinggi. Sehingga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

“Teh TUKUL ini juga dapat mencegah penyakit jantung, mencegah peradangan, mempercepat penyembuhan luka, menghambat pertumbuhan sel kanker, mempercepat metabolisme tubuh, sehingga cocok untuk kesehatan bahkan bisa menjadi minuman pelangsing tubuh,” jelas Hapiz. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *