177 Mahasiswa Faperta UIR Jalani PKL. Ada yang di Perusahaan Luar Negeri Juga Lho…

Sebanyak 177 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau (Faperta UIR) mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) ke-19 di sejumlah perusahaan di dalam dan luar negeri.

Keberangkatan para mahasiswa itu dilepas langsung oleh Dekan Faperta, Dr Ir Ujang Paman, MAgr. Bagi Faperta UIR, PKL ini sekaligus upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan.

Dijelaskan Ujang, PKL merupakan kegiatan penting yang perlu dilakukan mahasiswa untuk menambah pengetahuan, keterampilan dan pengalaman praktis yang sangat berguna setelah mereka selesai kuliah.

Dijelaskan dia, di angkatan ini, jumlah peserta PKL merupakan yang paling banyak dari yang pernah dilakukan Faperta di tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2018, misalnya, Faperta hanya memberangkatkan 120 mahasiswa di 13 perusahaan.

”Ini tidak lepas dari dorongan pimpinan dan dosen Faperta. Juga ajakan dari teman-teman senior yang telah melakukan kegiatan sama di tahun-tahun sebelumnya sehingga PKL makin diminati mahasiswa,” kata Ujang Paman di Kampus UIR seperti disampaikan Kabag Humas UIR Syafriadi kepada wartawan, Kamis (11/7/2019) malam.

Adapun ke-19 perusahaan tersebut terdiri dari enam perusahaan di luar Riau. Masing-masing PT. Langkat Nusantara Kepong Sumut (8 mahasiswa), Balitbu Tropika Solok Sumatera Barat (9), UD Sabila Farm Yogyakarta (7), PT Mekar Unggul Sari Bogor Jawa Barat (6), Okiagaru Farm Cianjur Jabar (6) dan 11 mahasiswa mengikuti program student exchange di University Teknologi Mara (UiTM) Malaysia.

Kemudian 13 perusahaan berdomisi di Riau terutama perusahaan perkebunan seperti First Resources, PT Perkebunan Nusantara V dan perusahaan besar lainnya.

Mereka akan mengikuti PKL selama 1 bulan mulai dari menjelang kuliah semester ganjil tanggal 27 Juli 2019.

Pengalaman selama ini, kata Ujang Paman, PKL dapat menjadi modal penting bagi mahasiswa untuk bersaing mendapatkan pekerjaan atau menjadi seorang agripreneur yang sukses.

”Hasil pengamatan kami, mahasiswa yang memperoleh pengalaman PKL sebelum lulus lebih cepat memperoleh pekerjaan atau lebih sukses dalam berwirausaha,” kata Ujang Paman. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *