Kamu Youtuber dengan 10.000 Subscriber? UPN Veteran Buka Penerimaan Jalur Prestasi Untukmu

Universitas Pembangunan Nasional Veteran. (sumber: upnvj.ac.id)

Unik, tahun ini Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta membuka pendaftaran melalui jalur prestasi kepada para Youtube Content Creator alias “Youtuber”. Dengan modal paling sedikit 10.000 subscriber, mereka sudah bisa mendaftarkan diri ke universitas itu.

Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, Jumat (14/6/2019), Humas UPN Veteran Jakarta Dedi Muzaini membenarkan pembukaan jalur prestasi bagi Youtuber itu.

Menurut Dedi, prestasi ini akan diberi poin khusus yang menambah bobot nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang sebelumnya sudah diikuti peserta.

Dedi menyebutkan, pendaftar yang memiliki prestasi nonakademik sebagai seorang pembuat konten YouTube dapat memilih semua jurusan tanpa terkecuali.

Jalur Prestasi yang diperuntukkan bagi YouTuber ini memang merupakan kebijakan baru yang mulai efektif diterapkan di UPN Veteran Jakarta pada pendaftaran mahasiswa baru tahun angkatan 2019/2020 ini.

Pilihan jalur prestasi ini merupakan salah satu opsi prestasi yang diterapkan universitas, selain kriteria lain seperti memenangkan lomba, olimpiade, dan lain-lain.

Jalur Prestasi merupakan salah satu jalur yang tersedia bagi pendaftar yang mengikuti proses Seleksi Mandiri (SEMA). Selain jalur ini, SEMA juga dapat diikuti melalui Jalur Akademik yang hanya menggunakan nilai hasil UTBK pendaftar.

Pendaftaran Seleksi Mandiri UPN Veteran Jakarta dimulai pada 12-21 Juli 2019 dan hasilnya akan diumumkan sekitar seminggu setelahnya, 29 Juli 2019.

Selain UPN Veteran, beberapa kampus juga membuka program studi khusus bagi para pencinta games untuk mengembangkan hobi mereka dan menjadi pekerja profesional berprospek cerah di masa mendatang.

Sebagai contoh, beberapa kampus membuka Prodi Teknologi Games, yaitu Politeknik Elektronik Negeri Surabaya, Universitas Multimedia Nusantara, ITB (program S-2), dan ITS (program S-2).

Kemudian, Universitas Prasetya Mulya, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia, dan Universitas Universal membuka Prodi Teknik dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Ada pula Universitas Bina Nusantara yang membuka Prodi Aplikasi dan Teknologi Seluler, serta Universitas Dian Nuswantoro membuka Prodi E-Sport. Untuk Prodi Game Animasi, kampus yang menyediakannya yakni Universitas Negeri Malang, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (MMTC), dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. (Kps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *