Peringati Hari Lahir Pancasila, Rektor Unri Ingatkan Indahnya Bersatu

Rektor Unri menyerahkan Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 55 orang di lingkungan Unri. (Sumber: Humas Unri)

Universitas Riau (Unri) melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2019).

Rektor Unri, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA menegaskan, hari lahir Pancasila ini membangkitkan rasa dan semangat persatuan, kesatuan, sekaligus memberikan semangat bagi putra-putri bangsa untuk leluasa menikmati kehidupan yang sejahtera, yang memberikan motivasi untuk berbagi, dan menjadikan sumber inspirasi untuk berprestasi sebaik-baiknya.

Hal itu disampaikan Rektor saat membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia dihadapan peserta upacara.

“Pada Upacara ini, semangat berbangsa dan bernegara kita harapkan dapat meningkat dan dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Saya mengimbau kepada seluruh civitas akademika Unri dapat menguatkan pondasi berbangsa, dan merasakan indahnya bersatu, berbagi, dan berprestasi untuk mencapai kejayaan bangsa di masa depan.

Hal ini juga sejalan dengan tema hari lahir Pancasila pada tahun 2019 ini Kita Indonesia Kita Pancasila,” ujar Aras.

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah penuntun keberagaman yang dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhineka Tunggal Ika,” kata dia.

Dalam konteks tersebut, Rektor, menyampaikan ada beberapa poin dalam peringatan ini. Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

Kedua, dengan peringatan ini dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik, dimana Pancasila sebagai “leitstars dinamis” bintang penuntun mengandung visi misi negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan.

Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harpan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur,” tambah Guru Besar Perikanan dan Kelautan Unri ini menyampaikan.

Rektor Unri juga mengajak civitas akademika untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian, semangat bersatu, berbagi dan bergotong royong membawa Indonesia menuju Negara yang maju dan dan jaya. Pada Upacara ini, hadir seluruh ASN dari unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun tenaga kontrak di lingkungan Unri.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unri juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 55 orang di lingkungan Unri. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *