Bagi Peserta UTBK, Silakan Baca Kiat-kiat Pilih Jurusan di Perguruan Tinggi Ini

Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Riau beberapa waktu lalu. (Sumber:Humas Unri)

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) telah usai dilaksanakan oleh peserta ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2019. Bagi peserta UTBK yang telah dinyatakan lulus dapat melanjutkan proses ke tahapan pendaftaran masuk PTN.

Kiat-kiat yang perlu diperhatikan dalam melakukan pendaftaran tersebut di antaranya adalah memilih jurusan berdasarkan pertimbangan nilai UTBK yang diperoleh dari hasil ujian tersebut.

Kepala Biro Akademis dan Kemahasiswaan Universitas Riau (Unri), Azhar Kasymi SH, mengatakan jadwal pendaftaran masuk PTN mulai dibuka pada tanggal 10-24 Juni 2019 mendatang.

Ada kesempatan bagi peserta untuk mencari jurusan yang sekiranya lolos dengan nilai ujian yang dimiliki.

“Pilih PTN dan jurusan yang kira-kira pesaingnya tidak ketat, kuota atau daya tampung jurusan juga perlu diperhitungkan,” ujarnya, Jumat (31/5/2019).

Ada rincian nilai dari beberapa tes UTBK pada pengumuman nilai. Adapula keterangan nilai yang mencakup rendah, cukup, dan tinggi, yang dapat dilihat setiap sepuluh hari sesudah ujian UTBK. Keterangan nilai inilah yang dapat menjadi pertimbangan peserta untuk mendaftar.

“Pilih jurusan sesuai dengan apa yang disukai dan sesuai dengan kemampuan. Segala bidang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jurusan kuliah yang baik itu adalah jurusan yang bisa membuat berprestasi, dan mengembangkan diri,” pesan Azhar.

Kemudian, pilihlah jurusan yang banyak peluang kerjanya dan yang paling dibutuhkan di dalam dunia kerja.

Sebelum memulai perkuliahan ada baiknya berpikir jangka panjang. Jika masih bingung menentukan jurusan kuliah, tidak ada salahnya memilih jurusan yang memiliki peluang kerjanya banyak. Karena ketika selesai kuliah nanti akan pasti akan dihadapkan dengan sulitnya mendapat pekerjaan dan paling penting pengasahan skill dari awal.

Setiap perguruan tinggi atau akademi pastinya memiliki akreditasi untuk masing-masing jurusan yang ada. Pilihlah jurusan dengan akreditasi yang cukup baik, karena akan menjadi pertimbangan perusahaan dan instasi.

”Terkait UTBK, PTN di Indonesia tidak ada memberlakukan seleksi berdasarkan Passing Grade. Passing Grade merupakan batas minimum yang akan di kejar dalam ujian,” kata dia. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *