UIR Mobile Diluncurkan, Orangtua Bisa Tahu Kehadiran Mahasiswa

Wakil Rektor III Ir Rosyadi menandatangani MoU UIR dengan Telkomsel, disaksikan Wakil Rektor I Dr H Syafhendry. (Foto: Humas UIR)

UIR Mobile (UM), aplikasi berbasis mobile yang dapat diunduh oleh siapa saja melalui ponsel pintar resmi diluncurkan oleh Universitas Islam Riau (UIR). Aplikasi ini merupakan hasil kerjasama UIR dengan Telkomsel Pekanbaru.

Menurut Kepala Biro Simfokom UIR, Hendra Gunawan menyebutkan, UIR Mobile merupakan kebutuhan dalam menyongsong Visi UIR 2020. Menurut dia, kerjasama ini terjalin setelah ada pertemuan antara Wakil Rektor III UIR, Ir Rosyadi dengan Telkomsel pekan lalu.

Dijelaskannya, dalam pertemuan itu, Telkomsel menawarkan program CSR (Corporate Social Responsibility). ”Sebagai user kita tentu menyambut baik bantuan Telkomsel. Selain sekarang memang zamannya online,” kata dia.

Hendra memaparkan, tersedia enam materi pokok dalam UM. Yakni UIR-CDP (Community Development Participation). Ini merupakan aplikasi untuk mengetahui lokasi mahasiswa yang sedang KKN (Kuliah Kerja Nyata) baik di dalam maupun di luar negeri.

Kemudian UIR-Security, aplikasi untuk absensi kegiatan satuan pengamanan (Satpam) di lingkungan UIR.

Selain itu tersedia pula UIR-Attendance. Yakni aplikasi untuk absensi dosen dan mahasiswa dalam melakukan kegiatan perkuliahan menggunakan QR-Code.

Selanjutnya, ada UIR-Parent adalah aplikasi bagi orangtua mahasiswa untuk mengetahui informasi seperti tingkat kehadiran, IPK, serta histori pembayaran kuliah.

Ada juga UIR-Info, aplikasi broadcast informasi/notifikasi bagi dosen, karyawan dan mahasiswa di lingkungan kampus.

Kemudian UIR-ID aplikasi untuk melihat informasi dari QR-Code Kartu Tanda Mahasiswa UIR berupa info nama, fakultas, prodi, No hp, alamat, IPK, absensi kehadiran serta histori pembayaran kuliah.

”Enam aplikasi itu dapat digunakan di lingkungan UIR pada tahun ajaran 2019/2020 mendatang. Biro Simfokom akan menyiapkan business process software development serta infrastruktur berupa server dan peralatan pendukung lain supaya UIR Mobile berjalan sesuai kebutuhan UIR,” tandas Hendra Gunawan. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *