Mau Kuliah Tapi Biayanya Disubsidi, Buruan Daftar di Polteknaker

Riaucerdas.com – Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) buka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020. Jumlah yang diterima tahun ini totalnya 90 orang dengan pilihan 3 program studi (Prodi).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Instagram resmi Polteknaker, 3 Prodi yang dibuka yaitu, Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (D4), Prodi Relasi Industri(D4) serta Prodi Manajemen Sumber Daya Manusia (D3). Tiap prodi akan menerima 30 mahasiswa baru.

Pendaftaran dilakukan secara online dengan ketentuan, calon peserta mengakses website PMB di http://polteknaker.kemnaker.go.id lalu menginput data berupa NIK, email aktif dan password.

Kemudian, calon peserta akan menerima username dan password via email untuk registrasi online. Lalu, calon peserta bisa mengupload berkas administrasi dan tes online.

Syarat-syarat pendaftar yaitu harus berstatus Warga Negara Indonesia atau WNI. Selanjutnya, lulusan SMA/SMK sederajat.

Kemudian, bagi yang mengambil Prodi Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, persyaratan khususnya yaitu, mesti tamatan SMA/SMk sederajat jurusan IPA atau eksakta dan tidak buta warna.

Kelengkapan dokumen yang perlu dipersiapkan selain fotokopi ijazah terakhir atau surat keterangan lulus yang dilegalisir, perlu disertakan juga fotokopi KTP atau KK bagi yang belum memiliki KTP. Selanjutnya, fotokopi sertifikat pendukung lainnya seperti prestasi akademik dan atau non akademik jika ada.

Proses registrasi online ini dilakukan mulai 1-15 Mei melalui Website PMB. Tidak ada batasan usia bagi peserta. Selanjutnya, pengumuman hasil seleksi berkas adminisrasi disampaikan pada 17 Mei.

Jika sudah mendaftar, proses ujian TPA akan dilaksanakan secara tertulis dengan sistem lembar jawaban komputer di Gedung Serbaguna Kemnaker RI di Jalan Jendral Gatot Subroto Kav 51 Jakarta Selatan.

Pelaksanaan ujian online dimulai pada tanggal 27 hingga 29 Mei. Hasilnya diumumkan 31 Mei. Selanjutnya, untuk Tes Potensi Akademik (TPA) digelar tanggal 17-18 Juni lalu hasilnya diumumkan 19 Juni.

Ketika ujian TPA, calon peserta harus membawa KTP/KK dan kartu peserta ujian yang dilengkapi foto diri.

Sehari kemudian, tepatnya tanggal 20 Juni, diagendakan psikotes. Hasil psikotes dijadwalkan bakal diumumkan tanggal 22 Juni. Selanjutnya, peserta wajib tes kesehatan dan bebas narkoba pada tanggal 24 Mei kemudian hasilnya diumumkan tanggal 26 Juni. Bagi peserta yang lulus, pendaftaran ulang digelar tanggal 10 juli.

Dijelaskan juga bahwa biaya pendaftaran dan biaya studi disubsidi oleh pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan. Lulusan Polteknaker ini akan mendapat ijazah, sertifikat kompetensi dari BNSP dan sertifikat TOEFL.

Bagi yang ingin mendapat informasi lebih, bisa mengakses www.polteknaker.kemnaker.go.id via internet. (adm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *