Pakai E-Office, Birokrasi Unri Mulai Terapkan Smart Campus

Sejumlah pegawai Universitas Riau tengah mengikuti bimbingan teknis saat peluncuran E-Office, Kamis (2/5/2019). E-Office merupakan langkah penerapan smart campus dalam birokrasi di Unri. (Foto: Humas Unri)

Riaucerdas.com – Mulai tanggal 6 Mei 2019 nanti, Universitas Riau (Unri) secara serentak menerapkan sistem elektronik pada proses surat menyurat. Sistem yang menggunakan E-Office itu diyakini bisa membuat administrasi perkantoran terlaksana dengan mudah, cepat, tertib, terpadu, aman, dan efisien.

Untuk mencapai itu, Kamis (2/5/2019) kemarin, Unri sudah menggelar bimbingan teknis dan peluncuran E-Office yang dilaksanakan Biro Umum dan Keuangan, Bagian Umum Hukum Tatalaksana dan Barang Milik Negara, Subbagian Tata Usaha Unri.

Rektor Unri, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA dalam pemaparannya saat itu mengatakan, dalam penggunaan E-Office, pegawai hanya menyalin dokumen atau melakukan tahapan scaning sebelum kemudian diunggah melalui E-Office.

Penggunaan E-Office dianggap Rektor sebagai keniscayaan. Karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta internet telah menjadi alat kekuatan. Khususnya untuk memikirkan kembali sistem pemerintahan dengan model yang baru.

Teknologi informasi dan internet pun turut mendorong transformasi dan paradigma birokrasi tradisional menuju paradigma e-government.

University governance yang berkomitmen smart campus telah menjadi wacana yang paling mengemuka dalam pengelolaan administrasi universitas sekarang ini.

Hal tersebut sejalan dengan tuntutan akan modernisasi administrasi kampus guna mempercepat dan mempermudah penyelesaian dokumen dan surat dinas instansi pemerintah.

E-Office, tambahnya, juga mempermudah dalam melacak proses surat yang telah didisposisikan. Sehingga surat-surat bisa lebih cepat terkirim.

“Pimpinan maupun pegawai dapat memantau bersama-sama. Jadi nanti kalau ada hambatan, kita bisa tahu di mana titik kendala hambatan tersebut,” ujarnya.

Dijelaskan Aras, Unri sebelumnya juga telah menyiapkan Sistem Informasi Administrasi sejak jauh hari. Menurutnya, E-Office ini merupakan lanjutan dari persiapan tersebut.

“Selain itu, kegiatan ini menjadi bentuk implementasi Unri dalam mendukung smart campus, meminimalisir penggunaan kertas, dan mempermudah administrasi dan komunisai antar unit,” jelas Guru Besar Bidang Perikanan dan Kelauatan Unri ini.

Aras menilai, untuk mengimplementasikan E-Office ini, perlu perubahan mindset. Dia mengakui, proses penyesuaiannya tentu memerlukan waktu.

Oleh sebab itulah, agar sitem ini dapat berjalan dengan efektif, maka diadakan pelatihan mulai dari pimpinan dosen sampai tenaga kependidikan selama dua hari sejak 2-3 Mei 2019.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut turut hadir Kasubbag Tata Usaha Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Sri Lestari SST dan Direktur PT Profio Teknova Indonesia, Rifqi Fauzi. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *